Waspada Penyakit Bawaaan Makanan, Selalu Perhatikan Hal ini

Waspada Penyakit Bawaaan Makanan, Selalu Perhatikan Hal ini

Mengkonsumsi makanan sehat akan membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, tapi bagaimana jika makanan itu sendiri membuat Anda sakit? Penyakit makanan dapat menyebabkan keracunan makanan dan berbagai penyakit berbahaya lainnya, jadi ini merupakan ancaman nyata bagi tubuh kita. Untungnya, ada sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit bawaan makanan. Mengikuti tips keamanan saat menangani, menyiapkan, dan menyimpan makanan sangat penting.

Pertama dan terutama, Anda harus memperhatikan suhu makanan Anda. Saat memasak daging, pastikan untuk menggunakan termometer untuk memastikan bahwa daging Anda mencapai suhu yang tepat di dalamnya. Beberapa daging, seperti daging sapi, dapat disajikan dengan langka dengan aman, namun suhu yang tepat sangat penting. Ini membunuh bakteri yang mungkin tumbuh pada daging. Dalam kasus burger dan daging roti lainnya yang telah digiling dan dibentuk menjadi roti, Anda seharusnya tidak makan makanan langka. Bakteri kemudian mudah ditemukan di dalam daging maupun di luar, dan Anda berisiko jika Anda tidak memasak daging ini untuk waktu yang lama untuk membunuh bakteri.

Setelah makanan Anda dimasak, Anda harus terus memantau suhu. Sederhananya, simpan makanan panas dingin dan dingin. Makanan panas harus disimpan pada suhu di atas 140 derajat Fahrenheit, sedangkan makanan dingin harus disimpan pada suhu di bawah 40 derajat Fahrenheit. Kisaran antara tempat dimana bakteri bisa tumbuh. Saat membiarkan makanan dingin untuk pendinginan, tempatkan di kulkas setelah tidak lebih dari dua jam, dan saat mencairkan makanan, lakukan dalam mangkuk atau panci di lemari es, bukan pada suhu kamar.

Kontaminasi silang adalah penyebab utama bila Anda khawatir dengan penyakit dan makanan Anda. Kontaminasi silang pada dasarnya adalah pergerakan bakteri dari satu piring ke piring lainnya. Hal ini terjadi saat Anda menggunakan talenan kotor, jangan berharap piring Anda benar, dan gunakan alat makan yang sama untuk semua makanan Anda. Jika Anda menggunakan, misalnya, pisau untuk memotong ayam mentah dan kemudian menggunakan pisau yang sama untuk memotong makanan Anda setelah dimasak, beberapa bakteri dari ayam mentah mungkin masih berada di pisau, yang bisa membuat Anda sangat sakit. . Pastikan bahwa Anda menggunakan ruang kerja yang bersih dan alat bersih kapan pun Anda memasak.

Seiring dengan menggunakan lingkungan yang bersih, Anda harus memastikan bahwa Anda mencuci tangan secara teratur. Setiap kali Anda menyentuh makanan mentah, Anda harus menggunakan desinfektan sabun tangan dan air panas untuk memastikan tidak ada bakteri yang tertinggal di tangan Anda. Memastikan bahwa makanan Anda aman adalah salah satu bagian terpenting dari makanan sehat, jadi jangan mengabaikan langkah ini saat Anda menyiapkan makanan lagi.