5 Tips Perawatan Bayi yang Baru Lahir

5 Tips Perawatan Bayi yang Baru Lahir

Memiliki bayi adalah salah satu hal terindah yang bisa terjadi dalam kehidupan orang tua. Namun, ini juga menantang. Membesarkan anak yang baru lahir tidak mudah. Dibutuhkan banyak usaha dan kesabaran untuk mengasuh anak Anda sampai dia mencapai tahap perkembangan yang lengkap. Meskipun beberapa saat tugas ini bisa sangat menantang, kegembiraan tentu saja lebih besar daripada hal negatif apapun. Berikut adalah beberapa saran untuk mengasuh bayi yang sukses:

1. makan

ASI direkomendasikan untuk tahun pertama kehidupan bayi yang baru lahir. Hal ini untuk memberi bayi makanan yang optimal untuk tumbuh dan berkembang. Secara umum, anak yang baru lahir harus disusui sekitar 8 sampai 10 kali sehari selama beberapa minggu pertama bayi. Sebagai orang tua, Anda perlu tahu kapan bayi Anda mendapatkan makanan yang tepat yang dibutuhkan. Beberapa indikasi bahwa bayi Anda menyusui dengan baik adalah saat ia memiliki empat atau lebih popok basah sehari atau mengalami buang air besar 3 kali atau lebih dalam sehari.

2. Tidur

Jangan heran jika anak yang baru lahir menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Sudah umum bagi bayi untuk tidur hampir sepanjang waktu, sekitar 12 sampai 20 jam sehari. Saat meletakkan bayi Anda untuk beristirahat, disarankan oleh sebagian besar dokter bahwa Anda meletakkan bayi Anda di punggungnya, di kasur yang kokoh. Selama cuaca dingin, yang terbaik adalah Anda membalut bayi Anda dengan piyama hangat untuk membuatnya tetap hangat daripada menggunakan seprei.

3. Gerakan usus dalam perut Bayi

Menentukan apakah anak Anda yang baru lahir mengalami buang air besar itu mudah. Hal ini biasanya terlihat ketika ia mulai menjadi sangat sulit untuk menyenangkan, wajahnya berubah merah, dan ia mulai menangis dan cenderung untuk menggerakkan kakinya. Adalah hal yang wajar bagi bayi yang baru lahir untuk melewati banyak gas jadi jangan heran jika ini sering terjadi. Jika menyusui bayi Anda, cukup normal bahwa ia akan buang air besar beberapa kali dalam sehari. Di sisi lain, bayi yang diberi susu formula tidak sering buang air besar. Jika Anda pernah melihat tanda-tanda darah di bangku bayi Anda, segera hubungi dokter bayi Anda.

4. Pakaian yang dikenakan Bayi

Menyediakan pakaian yang sesuai untuk bayi Anda sangat penting. Ingatlah bahwa Anda harus menggunakan pakaian yang nyaman dan sesuai. Selama musim dingin, Anda harus memberi pakaian bayi dengan topi rajut dan sepatu boot. Meski orang tua sering menginginkan bayinya tampil modis, lebih baik tidak overdress pada bayi Anda. Bayi berjuang untuk mengatur suhu tubuh mereka dan karena itu mengandalkan lapisan pakaian agar tetap suhu yang tepat.

5. Membawa bayi keluar rumah

Membawa anak yang baru lahir bisa menyenangkan. Namun, Anda perlu mempertimbangkan kapan dan di mana Anda bisa membawa bayi Anda. Membatasi acara sampai hari yang indah. Penting untuk menjauhkan bayi Anda dari penderita flu atau bentuk penyakit lainnya. Selain itu, hindari sinar matahari langsung agar bisa membahayakan kulit bayi Anda. Selain itu, hindari membawa bayi Anda ke tempat ramai sementara bayi Anda baru berusia beberapa bulan.

Untuk jumlah itu, pengasuhan yang benar dari anak Anda yang baru lahir adalah pengalaman berharga. Anda tidak hanya bisa secara pribadi memperhatikan kebutuhan anak Anda, tapi Anda juga bisa menikmati waktu berkualitas dimana Anda dan bayi bisa saling ikatan.